Senin, 27 Juni 2011

Gelar Jepang UI 2011

Yak. Setelah nggak lama update dan ngebiarin blog terkutuk tercinta ini berdebu dan jadi tempat sarang laba-laba, gue dateng lagi. Kali ini gue mau bagi pengalaman sama kalian tentang perjalanan gue ke kampus tercinta, favorit sejuta umat, tempat nongkrong terenak... UI.

Gue ke UI dengan niat mau menghadiri pernikahan antara rukia dengan ichigo. Ehm, bukan. Gue dateng untuk menghadiri acara tahunan paling fenomenal untuk para Japan Lovers, yaitu Gelar Jepang. Tiap tahun, anak-anak Sastra Jepang UI emang selalu ngadain acara beginian. Biasanya sih selalu diadain tiap bulan Juni. GJ tahun ini diadain 3 hari, yaitu dari tanggal 24-26 Juni. Tadinya gue mau dateng 3 hari berturut-turut, berhubung duit gue baru dianterin pas hari Sabtu, gue berangkatnya hari Minggu aja. Tahun 2010 kemaren gue gak ikutan karena dipaksa sama temen-temen gue yang ngebet buat dateng ke UNJ. Gue sih pasrah aja pada jalan nasib. Belum puas menikmati semua yang ada disana, eh tiba-tiba aja turun hujan. Sebelumnya gue emang dapet firasat buruk bakalan terjadi sesuatu disini, dan bener aja, hujan langsung turun. Untungnya saat itu kita semua udah ada di dalam halte busway, jadi nggak kehujanan.

Tahun ini, gue ikut lagi di GJUI. Seru, barengan anak-anak AquaFanz. Yang dateng nggak banyak, walaupun ada beberapa yang pulang duluan, kita tetep bisa seneng-seneng kok dengan hanya orang yang datang seadanya gitu. Nyasar, ilang, dan kepisah-pisah itu sudah pasti. Maklum, ramenya kayak cincau dicincang halus. Laper mata? Sangat. Karena semua yang ada disana, setiap kali kita liat, bawaannya pasti pengen beli.

Satu yang gue notice di GJUI tahun 2011 ini: harga makanan, merchandise dan souvenir-souvenirnya gak kira-kira mahalnya. Ada beberapa sih yang murah, kayak gantungan kunci, magnet kulkas dan tali hp yang ada di stand Purezento (Present). Cih, nyesel banget waktu itu gak gue beli (nangis di pojokan kamar).

salah satu makanan khas jepang, takoyaki (bola gurita bakar)


Sumpah, rame banget di tempat stand-stand makanannya. Yang ngantri di stand makanan itu, stand takoichi, juga nggak kalah rame. Gue aja sampe nggak bisa buat mesen saking ramenya. Karena gak tahan lagi, akhirnya saat kosong gue terobos aja deh! Muahahaha..

saking banyaknya yang pesen, ibu ini kerepotan

selain takoyaki, ada juga okonomiyaki (semacam pizza ala jepang)

itu gurita ngapain nangkring di atas?

Gue pengen banget ke stand kakigori (es serut) tapi gak jadi, penuh gila. Yang ada keburu habis duluan diborong orang-orang. Dengan langkah lunglai, gue pergi melewati stand itu dan berhenti ngiler.

kakigori alias es serut

Yang gue suka disana adalah banyaknya cosplayer yang bergaya dengan tokoh anime atau manga favorit mereka (anime: kartun, manga: komik). Ada yang jadi Ichigo dari Bleach, ada yang jadi Luffy dari One Piece, ada yang cosplay dari anime baru Fairy Tail. Tapi yang paling membuat gue kagum adalah cosplayer cewek yang gue lupa dia itu dari anime atau manga mana gitu (seinget gue sih dia play jadi Gakupo dari Vocaloid). Ceweknya cakep banget, cantik, putih, kayaknya blasteran bule gitu.

hello, may I know your name?

Wah, seru deh. Gue sempet beliin mainan anak-anak tradisional khas Jepang, Kendama. Cara mainnya susah-susah-gampang sih. Bolanya harus pas di cekungan dan dilakukan harus berulang-ulang. Gue gak bisa-bisa sampai sekarang. Sebel. Rencananya itu mainan mau gue kirim lewat tiki ke temen gue di Bandung, namanya Tiwi.


Belom sempet merasakan masuk ke dalam obakeyashiki (rumah hantu), eeeh anak-anak mau pulang. Ya udah deh gue ikut aja, berhubung kaki gue udah pegel dan rasanya mau patah gitu. Pas ngelewatin stand daily jakarta shimbun (Koran Harian Jakarta dalam Bahasa Jepang) gue ngeliat ada dua orang cowok jepang yang main gitar sambil nyanyi. Suaranya bagus juga. Tadinya gue pikir mereka itu Depapepe, duo gitaris Jepang, but gue baru sadar kalo Depapepe itu cuma mainin instrumental gitar, nggak nyanyi juga.

tempat ngamen bukan disini, mas..

Saat itu juga sebelum pulang (naik kereta) gue masih sempet-sempetnya beli uchiwa (kipas tangan). Harganya murah juga: beli 1 biji 15 ribu (yang ini harga pasnya), beli 2 biji 25 ribu, beli 3 biji 30 ribu. Akhirnya, dengan rasa percaya yang sangat tinggi, gue beli 2 kipas deh, warna putih dan kuning. Dasar korban promosi.

yang jual kayaknya kepanasan. makanya kipasan juga dong mbak, mas.

Oh ya, ini foto gue dan temen-temen sesama AquaFanz yang juga turut serta dan terlibat dalam acara Gelar Jepang di UI tahun ini. Gue belom sempet ngambil yang rada banyakan di facebook, soalnya internet gue cacat abis. Gue kenalin dari kiri ke kanan secara detail yah: cewek berjilbab namanya Al Linda, yang kacamata Nanad aka Nadiyantika Rena, yang ngumpet dibelakang Nanad itu Mega, baju merah itu Ikhsan, gue, yang pake jaket akatsuki Dimas, dan yang paling pojok namanya Agus.

anak-anak AquaFanz, salam kenal ya :D

Lastly, gue cuma mau bilang selamat bagi anak-anak SMP udah pada pembagian rapot dan naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Buat anak SMA yang udah bagi rapot, apalagi yang kelas satu, selamat karena sudah naik kelas dan diterima di program IPA atau IPS sesuai keinginan kalian. Oh ya, berhubung gue post ini di hari terakhir sebelum masuk sekolah dan kerja, gue ucapin selamat bagi anak-anak yang keterima di SMP atau SMA yang mau menjalankan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) semoga betah di sekolah barunya yaaa dan jangan nyesel udah masuk sekolah yang kamu pilih karena masih banyak orang diluar sana yg belum tentu seberuntung kamu! (njiah, bahasamu...)


Oh well, Senin besok kembali ribet lagi deh (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩__-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates