Senin, 23 Januari 2012

Ini Semua Kisah Gue, Jendraaaal!

Nama gue Fitria Amanda Putri. Gue anak bungsu dari dua bersaudara. Gue punya kakak cowok, namanya Rully. Orangnya iseng, tapi baik banget sama gue. Suka ngasih gue duit buat jajan! Hehe. Gue sekolah di sebuah SMA Negeri di Jakarta Timur, yaitu SMA Negeri 64. Saat kalian ngebaca tulisan ini adalah saat-saat dimana gue merasa menjadi manusia seutuhnya (lah, sebelomnya kaga?!)

Oke, cukup nasi basinya. Gue mau cerita nih! Ini cerita saat gue baru masuk kelas XI dan belom dapet penempatan kelas. Saat itu gue celingukan, mencari papan yang isinya nama-nama dan kelas yang akan ditempati. Gue liat di daftar nama kelas XI IPA 1, nama gue gak ada disana. Kelas tetangga (baca: XI IPA 2) juga nggak ada. Saat itu gue mau nangis, padahal di rapot tertulis gue masuk jurusan IPA. Masa iya sih gue masuk kelas IPS? Gue masih mencari-cari dimana nama gue diletakkan (barang kali diletakkan..)

Sesaat seperti ada suara yang berbisik di telinga gue. Wow, ajaib! Dengan cepat gue melihat nama gue yang ternyata ada di kelas XI IPA 3. Goblok banget. Padahal itu daftar nama kelas XI IPA 3 ada di depan muka gue persis tapi gue malah nggak ngeliat. You’re so stupid girl! Selain itu ada juga nama temen-temen yang kelas X-nya bareng sama gue masuk ke kelas yang sama kayak gue... lagi. Oh bagus, dua tahun akan gue lalui dengan penderitaan. Nasib.

Kelas gue itu ada di lantai 3, makanya gue langsung cepet-cepet naik tangga. Agak pegel juga sih tapi apa boleh buat kan? Demi menuju kelas kebanggaan (halah), gue rela kalo harus ngurusin badan! SETIAP HARI MALAHAN!

Begitu nyampe disana, gue ngeliat kelas masih lumayan kosong. Ada temen-temen gue yang dulu dari kelas X yang udah nyari tempat duduk. Gobloknya, mereka semua udah punya temen sebangku. Gue pengen banget terjun dari lantai 3 karena nggak punya temen. Saat keputus asaan sudah di ujung tanduk, gue ngeliat temen yang dulunya sempet sekelas sama gue di X-6 sebelom gue dipindahin ke kelas X lain. Nama orang yang tidak beruntung untuk duduk bersama gue adalah Putri Kharinel.

Gue dulu sempet masuk kelas X-6 tapi gara-gara ada tes penempatan kelas di hari ketiga MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru), gue malah terdampar di kelas X-4 bareng Yanti, temen gue dari kelas X-6 juga. Gembel. Lucu banget gitu pas gue pertama masuk gue langsung pindah kelas. Dimana-mana pindah kelas itu biasanya dua hari. Lha ini? Baru juga masuk udah diganti aja kelas gue!

Ceritanya: Hari Kamis gue dengan sukses dan resmi menjadi anak SMA. Nggak ada orientasi ngerjain-adek-kelas-sama-anak-OSIS lagi. Dengan pede, gue berjalan ke arah kelas gue, X-6. Saat itu ada banyak orang yang ngerubungi kaca depan kelas. Gue nggak tau ada apaan, tapi katanya itu nama-nama anak yang akan menempati kelas itu. Anjiiir nama gue nggak ada! Mana saat itu gue udah panik sendiri gara-gara nama gue di kelas X-6 gak ada. Mamaaaaak..

Dengan pasrah, akhirnya gue pindah kelas. Dunia tidak adil! Kejam! Gue yang oh-very-so-cute ini kenapa harus terdampar di sebuah kelas laknat yang bahkan gue nggak kenal murid-muridnya! Oke, gue tau nggak pantes buat gue ngomong begitu. Tapi mau gimana lagi? Gue udah terlanjur ce i en te a sama kelas X-6.

Setengah tahun gue lalui di kelas laknat X-4. Sebenernya anaknya asik-asik aja, tapi lama kelamaan kok gue makin nggak betah ya? Gue pengen banget cepet-cepet naik kelas XI biar nggak ketemu lagi sama setengah setan yang menghuni kelas laknat itu. Semester dua gue makin semangat karena kita udah mau penempatan jurusan kelas XI. Tadinya gue milih untuk masuk kelas IPS tapi gak jadi karena gue pikir jurusan IPA terdengar lebih asik dan cool.

-ooOoo-

Dan disinilah gue. Di kelas XI IPA 3 duduk bersama Putri Kharinel dan makhluk dari kelas lain yang gak gue kenal. Oke, dalam kasus ini kita panggil dia Kharinel aja. Soalnya nama Putri di kelas gue ada dua orang. Di kelas gue ini juga banyak nama yang ‘kembar’ jadi kalo mau manggil salah satu diantaranya harus pake semacam kode (bah...)

Ada yang namanya Dwi Darmawan sama Dwi Hadianto. Dua-duanya punya kesamaan nama depan. Biar gampangnya, Dwi Darmawan kita panggil Dwidar sedangkan Dwi Hadianto kita panggil kumis. Uwoooh. Lu nggak akan percaya deh ada bapak-bapak berkumis baplang nggak lulus sekolah! –digampar-

Selain mereka, nama gue juga ada yang sama nih. Temen gue itu punya nama Fitriyani Karlina. Biar gak salah panggil, jadi dia kita panggil Fina. Gue curiga nih kenapa kelas gue kayaknya menjaring anak-anak bernama depan sama. Jangan-jangan tahun berikutnya kelas gue malah menjaring anak-anak yang bermuka sama! Huahahah.

-ooOoo-

Saat gue dan temen-temen seangkatan gue naik ke kelas XI, sekolah gue kedatangan anak baru yang-menunggu-waktunya-untuk-disiksa-dan-dikerjain secara ketidak prikemanusian oleh anggota OSIS dan kakak kelas (termasuk gue).

Waktu itu kelas gue lagi kosong dan belum ada guru, beberapa temen sekelas gue keluar dan bersandar di balkon depan kelas. Gue yang bosen di dalem kelas juga ikutan keluar sembari melihat adek-adek kelas yang berjalan beriringan. Temen gue yang menjabat sebagai anggota OSIS, Yuni dan Dewi, bertugas menggiring adek-adek kelas untuk apel ke lapangan.

Biasanya tradisi di setiap sekolahan kalo adek kelas lagi dalam masa orientasi gini, suka dikerjain sama anak OSIS-nya. Sebagai contoh, untuk tahun lalu angkatan gue diwajibkan membuat tas dari karung beras, memakai name tag berbentuk hati, memakai topi koboi (buat cowok) dan topi kerucut (buat cewek), memakai jam tangan analog yang menunjukkan pukul 06:30 yang terbuat dari kertas, rambut dikuncir di atas ubun-ubun dan selama 3 hari masa orientasi ikatan rambutnya bertambah satu (buat cewek) dan memakai bando yang bertuliskan angka 6 dan 4 yang berdiri tegak (buat cowok). Semua barang-barang ini wajib dipakai saat masa orientasi. Nggak kebawa satu aja bakal digoreng di wajan panas! Oh ya, karena kelasnya banyak maka setiap kelas memiliki tema dan warna yang berbeda. Saat gue di kelas X-6, tema kelas kita ini Colloseum dan serba warna hijau. Yep. Hijau stabilo alias hijau cerah.

Untuk angkatan sekarang sih kayaknya lebih ekstrem. Kuncirannya nggak di ubun-ubun lagi, melainkan di segala tempat! Dari depan sampai belakang, dari samping kiri sampai samping kanan. Kaos kakinya juga terlihat berwarna-warni sampe-sampe orang yang liat bisa mikir ‘Itu kaos kaki apa pelangi ya?!’. Yang gue sesali, kenapa tas yang sekarang lebih enak daripada tahun lalu? Waktu zaman gue, tas yang dibikin itu dari karung beras! Susah banget buat jahitnya. Gue aja sampe minta tolong mbak gue buat dijahitin. Nasib.

-ooOoo-

Masa orientasi tahun ini sudah berakhir. Nggak ada acara ngerjain adek kelas lagi. Nggak ada acara bagi-bagi permen secara gratis lagi. Yaaah. Gue pengen banget tuh, kan lumayan dapet permen gratis tanpa dipungut biaya (bahasamu..) hehehe. Gue menjalani hidup ini dengan normal-normal aja. Sampai pada akhirnya kita menjalani yang namanya ulangan blok. Bagi kalian yang nggak tau, di sekolah gue ini sistem UTS (atau lebih populer sebagai Ulangan Tengah Semester) diganti menjadi ulangan blok. Soalnya essay dan bisa mencapai kurang lebih 10 butir soal tertulis. Ulangan blok ini diadakan dua kali per semester.

Ulangan blok pertama, rasanya biasa-biasa aja. Gue nggak mengalami kejadian aneh kayak ada yang kesurupan di kelas lah atau gurunya tiba-tiba kena epilepsi dan kita semua bisa nyontek dengan massal lah. Tapi ada satu hari dimana gue ketauan bikin contekan. Waktu itu lagi ulangan untuk mata pelajaran biologi dan pengawas ruangan gue saat itu adalah Bu Tambunan, guru bahasa Inggris.

Dia ngeliatin papan alas gue yang  keliatannya tebel dan banyak kertas. Disitu emang ada contekan matematika di hari sebelumnya yang belom sempet gue buang dan contekan biologi punya temen gue. Goblok banget gue! Akhirnya contekan matematika sama biologi (punya temen gue) malah diambil dan kertas coretan lain punya gue dibalikin. Anjrit.

Pas istirahat, gue diomelin sama temen gue gara-gara contekan biologi punya dia (yang saat itu lagi dipegang gue) diambil sama pengawas. Gue cuma bisa ngangguk dan diem saat dengerin bacotan dia. Pelajaran yang gue dapet saat itu adalah: jangan pernah ngambil contekan punya orang lain karena dosa yang harusnya dia tanggung akan berpindah ke kita.

Besoknya, gue nggak mau bikin contekan, tulisan rumus, ataupun yang lainnya. Gue kapok ketauan lagi sama pengawas. Selain faktor pengawas, faktor soal juga bikin gue ketakutan sendiri. Yang bikin otak gue bener-bener mampet itu pas di ulangan fisika. Gileeee, yang ngawas matanya jeli bener. Buat nengok aja gak sempet, apalagi nanya dan ngasih kertas kosong! Akhirnya soal itu gue jawab asal-asalan karena gue gak tau lagi harus gimana. Masalahnya saat itu dia ada di samping gue dan lagi ngeliat lembar soal gue yang masih kosong melompong!

‘Kok nggak dijawab, sih? Ayo dijawab nanti waktunya keburu abis..’ kata dia.
‘Lupa rumusnya, Bu.’ Kata gue, kalem.
‘Coba diinget lagi, waktunya berjalan lho!’

Kalo gue inget-inget, gue sama sekali gak pernah fokus ke pelajaran fisika. Nggak tau kenapa, yang jelas gue males banget buat belajar pelajaran laknat ini (kalo kedengeran Einstein, bisa mampus gue!) dan juga dari faktor penjelasan gurunya. Padahal itu guru cuma ngebacot doang di depan kelas. Aneh, pikir gue. Kok ada gitu ya sekolah yang mau nerima guru kayak dia?! Ketauan sama orangnya bisa-bisa dijejelin rumus nih :p

Satu lagi yang bikin seluruh angkatan dari kelas X, XI atau XII kalau ulangan sejarah dan bagi mereka yang nggak belajar di rumahnya. Besoknya begitu liat soal, langsung tercetus ide bagi mereka buat jawab soal itu secara ngarang! Yep. Ngarang bebas. Lo kata ini pelajaran Bahasa Indonesia ngarang?! Tapi emang bener sih, kocak aja gitu anak-anak pada jawabnya ngarang. Mungkin sejarah dunia bakalan berubah gara-gara semua murid jawab soal ulangan secara ngarang bebas! Uwooooh!! Beri tepuk tangan yang meriah.

-ooOoo-

Akhirnya tiba saatnya untuk pembagian hasil nilai ulangan blok. Gue saat itu sempet kecewa begitu denger nilai gue yang katanya banyak yang kurang dari standar. Gue juga dibilangin sama guru gue kalo rangking gue turun. Pas gue ngeliat nilainya, gue shock. Kok nilai mandarin gue nggak ada?! Pergi kemanakah nilai itu? Nilaaaaai, nilaaaaai, dimana kamuuuuu??

‘Kok nilai mandarin saya nggak ada sih, Bu?’ tanya gue.
‘Coba kamu ke ruang kurikulum. Mungkin bisa di print ulang.’ Katanya.

Dengan semangat ’45 gue pun bergegas menuju ruang kurikulum. Gue protes dan bilang bahwa nilai mandarin gue kosong. Itu bapak-bapak yang kerjanya ngeprint nilai bilang ke gue ‘Gurunya disuruh kesini aja.’

Geblek. Gue kirain cuma ngasih tau doang terus langsung print ulang. Gak taunya suruh ngajak gurunya kesitu juga. Dua kali bolak balik dong gue! Sebelom ke ruang guru, gue ditanya kelas berapa sama Bu Bunani, guru Bahasa Indonesia. Gue  mengaku bahwa gue penghuni kelas XI IPA 3. Dia lalu bilang ‘Kelas IPA 3 tuh berisik banget anak-anaknya! Kalau nggak ada guru yang ngajar berisiknya sampe kedengeran kelas sebelah!’ gue cuma bisa nyengir dan jawab ‘Yah, Bu. Namanya juga anak-anak galau. Hehe..’ akhirnya gue pergi dari hadapan guru itu sebelum gue dimutilasi pake jeruji sepeda (lah??)

‘Laoshi, nilai saya kok nggak ada?’ tanya gue ke guru mandarin.
‘Masa, sih?’ malah nanya balik, bah.
‘Katanya Laoshi disuruh ikut saya ke ruang kurikulum.’

Akhirnya gue memborong, eh, mengajak Laoshi gue buat memperbaiki kekurangan nilai. Setelah penjelasan yang cukup menyita waktu akhirnya nilai ulangan blok gue di print ulang. Dengan ini resmilah tercantum nilai 92 di mata pelajaran Bahasa Mandarin. Uhuuuy! Prikitiew! Xie xie, Laoshi!

Kocaknya lagi, peringkat gue langsung naik jadi ke peringkat 13. Bah. Kok gue selalu bermasalah sama nilai, sih? Dulu juga di kelas X semester dua sempet ada dua mata pelajaran di rapot gue yang nilainya kosong. Saat itu gue gak tau kalo nilai gue ada yang kosong, tiba-tiba temen sekelas gue, Ainul nelpon ke hp gue dan bilang kalo ada nilai yang kosong langsung minta print ulang.

NGUIIIINGGGG! Ngebut lah sepupu gue pas naik motor. Geblek. Gak liat apa orang yang dibonceng udah berasa terbang di udara gini?! #lebay. Nyampe di sekolah, gue langsung turun dan nyamperin Ainul. Emang bener katanya kalo ada nilai yang kosong langsung minta print ulang lagi biar gak salah. Dia juga bilang kalo ada temen kelas kita yang nilai try out PM juga ada yang ketuker sama anak lain di kelas. Menyedihkan memang bisa masuk ke kelas yang sama menyedihkannya dengan muka gue (lho?).

Gue nunggu agak lama di ruang kurikulum. Bangke. Gue kesini buat ganti print out rapot gue yang notabene ada dua mata pelajaran yang kosong, bukannya disuruh bengong-bengong bego sendirian di ruang kurikulum! Gue pun diajak ngobrol sama salah satu guru yang ada disitu. Sepertinya Bu Asni, guru biologi.

Sambil ngobrolin tentang nilai gue dan menjelaskan bahwa saat ujian gue masuk (karena kalo gak ikut ujian nilainya nggak masuk alias nggak ada nilai di rapot), akhirnya bapak-bapak yang kerjanya ngeprint nilai itu udah balik. Tenyata dia keluar buat minta tanda tangan kepala sekolah sama cap sekolah. Dengan dikembalikannya nilai gue yang baru, gue pun berasa mendengar nyanyian surga. Saat itu gue pengen banget nangis dan loncat-loncat kegirangan di ruang kurikulum. Tapi mengingat loncatan gue lebih mirip tarian pengusir setan, gue urungkan niat tersebut. Gue juga takut hidup gue berakhir dengan cara ditembak pake luger gara-gara gue menari dengan bohainya (baca: loncat-loncat gaje)

-ooOoo-

Gue pulang ke rumah dengan perasaan bangga di dada #plak hoho. Gue ngasih tau nyokap bahwa gue masuk ke kelas IPA. Nyokap seneng banget, sampe-sampe dia BBM-an dengan noraknya sama sodara-sodara jauh gue kalo gue berhasil masuk kelas dua dan jurusan IPA. Nyokap juga nelpon bokap biar cepet-cepet balik ke Jakarta dari Lampung, cuma buat liat rapot gue! Dasar nyokap, yang naik kelas gue kenapa dia malah norak sendiri gitu? Mungkin ini baru satu dari seribu cara dari gue untuk membuat nyokap atau bokap gue bahagia :D

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates